Yogyakarta Kota Wisata dan Kota Pelajar

Yogyakarta Kota Wisata dan Kota Pelajar

 



Hai.. Masih bersama saya ihsan hakiki,, saat ini saya akan mengulas informasi tentang Yogyakarta sebagai kota wisata dan pelajar..

saya juga keturunan orang yogyakarta dan saya suka sekali dengan kota yg disebut dengan kota budaya ini. kota yogyakarta adalah kota yg dimana pernah menjadi ibukota indonesia pada zaman penjajahan belanda.
disini saya akan mengulas sedikit sejarah kota Yogyakarta

Sejarah Singkat Kota Yogyakarta

Yogyakarta merupakan daerah yang mempunyai pemerintahan sendiri, yaitu Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat atau Kadipaten Pakualaman. Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat ini didirikan oleh Pangeran Mangkubumi yang bergelar Sultan Hamengku Bowono I pada tahun 1755. sedangkan Kadipaten Pakualaman didirikan oleh Pangeran Notokusuma (Saudara Sultan Hamengku Bowono II) pada tahun 1813.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paku Alam VIII menyatakan kepada Presiden RI, bahwa Daerah Kasultanan Yogyakarta, dan Daerah Pakualaman menjadi wilayah Negara RI, bergabung menjadi satu kesatuan yang dinyatakan sebagai Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paku Alam VIII sebagai Kepala Daerah, dan Wakil Kepala Daerah bertanggung jawab langsung kepada Presiden RI. Hal tersebut dinyatakan dalam:
  1. Piagam kedudukan Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paku Alam VIII tertanggal 19 Agustus 1945 dari Presiden RI.
  2. Amanat Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paku Alam VIII tertanggal 5 September 1945 (dibuat secara terpisah).
  3. Amanat Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Sri Paku Alam VIII tertanggal 30 Oktober 1945 (dibuat dalam satu naskah). 

 Kota Yogyakarta Sebagai Kota Wisata

Kota Yogyakarta adalah kota yang penuh dengan kebudayaan yang beragam. dari seni tari, sampai budaya kesehariannya. Banyak juga tempat - tempat wisata yang sangat banyak yang berada di Yogyakarta. wisata - wisata di Yogyakarta pun bisa mengundang wisatawan mancanegara dan ini merupakan keuntungan untuk Negara karena bisa menambah devisa Negara.

Kenapa Yogyakarta disebut dengan kota wisata? karena Yogyakarta adalah kota yang penuh dengan wisata - wisata yang terbilang cukup banyak. dengan banyaknya tempat wisata di Yogyakarta, kota ini sangat pantas dibilang sebagai Kota wisata. Anda juga bisa melihat peninggalan - peninggalan kuno yang ada di Yogyakarta, seperti Candi Prambanan, Candi Borobudur dan lain lain. Anda juga bisa mempelajari pelajaran yang ada di Taman Pintar Yogyakarta, atau anda bisa berjalan - jalan dan melihat - lihat Keraton Yogyakarta.

Selain wisatanya yang bisa dibilang dengan kota wisata, Yogyakarta juga kaya akan Kulinernya. siapa yang tidak kenal dengan Gudeg Yogyakarta? atau Bakpia? anda bisa sangat mudah mencari kuliner - kuliner ini di Yogyakarta, karena dibilang banyak sekali makanan yang lezat yang ada di Yogyakarta. dan ini juga bisa menjadi bukti bahwa betapa istimewanya Yogyakarta ini.


Kota Yogyakarta Sebagai Kota Pelajar

Kota Yogyakarta adalah kota yang telah melahirkan pejabat - pejabat yang berpendidikan, berwibawa, dan tentu saja berperilaku baik. ini menjadi bukti bahwa Yogyakarta pantas dibilang sebagai kota pelajar. Yogyakarta ini bisa dibilang adalah kota mahasiswa, karena ada banyak universitas yang terjamin kualitasnya. tak bisa kita pungkiri memang banyak sekali kelebihan yang ada di Yogyakarta. kota pelajar ada kota dimana mengeluarkan kualitas manusia yang berpendidikan. kualitas pendidikannya sangat tinggi, yang mungkin orang-orang semua ingin berada atau mendapatkan sekolah di Yogyakarta ini.

sekian dari saya semoga bermanfaat buat kalian kawan..

ihsan hakiki


EmoticonEmoticon